• Home
  • News
Perbedaan Wealth Management dan Financial Planning, Apa Saja?
Perbedaan Wealth Management dan Financial Planning, Apa Saja?





 by Albin Sayyid

Meskipun keduanya sama-sama berkaitan dengan uang, namun ternyata ada perbedaan wealth management dan financial planning yang ternyata signifikan. 

Kamu tahu nggak, kalau cara meraih kekayaan selain dengan bekerja dan berbisnis, juga dengan mengelola uang dengan baik?

Nah, wealth management dan financial planning adalah bagian penting dari pengelolaan keuangan pribadi.

Yuk, pahami lebih dalam mengenai perbedaan antara keduanya dan penerapannya dalam keuangan pribadi!

Apa itu wealth management dan financial planning?

Wealth management adalah pendekatan pengelolaan keuangan yang bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan kekayaan. 

Kebanyakan berfokus pada klien dengan kekayaan bersih yang tinggi dan memberi mereka layanan komprehensif yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan khusus mereka.

Sedangkan financial planning adalah pendekatan pengelolaan keuangan dengan cara menilai proses dan situasi keuangan seseorang, kemudian mengembangkan strategi untuk mencapai tujuan keuangan tertentu. 

Biasanya financial planning berfokus pada kebutuhan dan tujuan jangka pendek hingga menengah.

Perbedaan wealth management dan financial planning

Ada beberapa perbedaan yang mendasar mengenai wealth management dan financial planning, apa saja?

  1. Berbeda dari segi pendekatan

Manajemen kekayaan memakai pendekatan holistik atau keseluruhan yang mempertimbangkan semua aspek kehidupan finansial seseorang. Sedangkan perencanaan keuangan difokuskan untuk membantu seseorang mencapai tujuan keuangan tertentu.

2. Berbeda dari segi jangka waktu

Wealth management berfokus untuk menjaga dan mengembangkan kekayaan seseorang dalam jangka panjang, serta berfokus pada pengelolaan dan pertumbuhan kekayaan. 

Contohnya seperti perencanaan warisan, filantropi, struktur kepemilikan perusahaan, dan lain-lain.

Sedangkan financial planning berfokus pada perencanaan keuangan jangka pendek untuk mencapai tujuan keuangan tertentu, seperti menabung untuk DP rumah, biaya menikah, atau dana pensiun.

3. Berbeda dari segi prosesnya

Wealth management adalah proses aktif yang melibatkan pemantauan dan pengelolaan keuangan seseorang secara berkelanjutan. Sedangkan financial planning adalah proses pasif yang biasanya hanya terjadi sekali atau dua kali dalam setahun.

Contoh penerapan wealth management dan financial planning

Jika kamu memiliki tujuan keuangan tertentu, seperti misalnya di usia 30 tahun ingin membeli rumah seharga Rp1 miliar dan mobil seharga Rp200 juta dengan penghasilan Rp25 juta/bulan, maka financial planning jadi cara yang tepat.

Kalau kamu ingin menumbuhkan aset yang dipunya dari yang sebesar Rp50 miliar menjadi Rp100 miliar dalam kurun waktu 10 tahun, maka bisa memakai wealth management.

Jadi, mending pilih yang mana?

Wealth management mungkin jadi pilihan yang tepat jika kamu adalah seseorang yang sering berinvestasi, memperoleh gaji tinggi dan termasuk dalam kelompok pajak yang lebih tinggi, memiliki beberapa aliran pendapatan, dll. 

Ini karena wealth management berfokus pada menjaga dan mengembangkan kekayaan dalam jangka panjang. 

Sedangkan financial planning cocok bagi kamu yang bekerja kantoran alias pegawai biasa atau pekerja memperoleh penghasilan yang belum terlampau besar.

Sekarang kamu sudah lebih memahami perbedaan wealth management dan financial planning, karena keduanya sangat penting untuk bantu kamu memilih metode mana yang tepat dan sesuai dengan kondisi finansial.

Dengan menggunakan cara pengelolaan yang tepat, berbagai macam tujuan keuangan akan mudah tercapai, termasuk untuk memperoleh kekayaan. 

***

PT Bank Neo Commerce Tbk berizin & diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

 

 

 

 

What are you waiting for?

Let's try neobank now!