Kebijakan Privasi

PT Bank Neo Commerce Tbk (“BNC”) sepenuhnya memahami bahwa melindungi informasi atau data pribadi setiap pengguna aplikasi Neobank Mobile Banking dari BNC (“Aplikasi”) dan/atau situs web BNC (www.bankneocommerce.co.id) (“Situs Web”) serta transparan dengan apa yang kami lakukan dengan informasi atau data pribadi tersebut merupakan salah satu bagian untuk membangun kepercayaan pengguna kepada kami.

 

BNC berkomitmen untuk melindungi informasi atau data pribadi pengguna. Apabila BNC meminta pengguna memberikan informasi atau data pribadi tertentu untuk mengidentifikasi pengguna saat menggunakan Aplikasi dan/atau Situs Web, maka dapat dipastikan bahwa informasi atau data pribadi tersebut hanya akan digunakan sesuai Kebijakan Privasi ini. Informasi atau data pribadi pengguna yang berada di BNC merupakan rahasia bank yang wajib dilindungi oleh BNC dimana pengecualiannya akan mengacu pada hukum dan peraturan yang berlaku.

 

Kebijakan Privasi ini menjelaskan tentang bagaimana BNC menggunakan dan melindungi segala informasi atau data pribadi yang pengguna berikan kepada BNC selama menggunakan Aplikasi dan/atau Situs Web. Oleh karenanya, harap pengguna dapat membaca Kebijakan Privasi ini secara menyeluruh untuk memastikan bahwa pengguna memahami praktik pemrosesan data kami.

 

Kebijakan Privasi ini mencakup hal-hal berikut:

 

I. Pengumpulan Informasi

 

Kebijakan Privasi ini diperuntukan bagi segala informasi atau data pribadi setiap pengguna yang dikumpulkan dan digunakan BNC pada saat pengguna menggunakan Aplikasi dan/atau Situs Web, termasuk, namun tidak terbatas pada:

  1. Data pribadi berupa informasi pengguna, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, nama, alamat, nomor telepon, alamat email, tanggal lahir, pekerjaan baik yang tercantum di dalam kartu identitas ataupun media lainnya dimana informasi tersebut dapat diperoleh dan data pribadi lainnya yang terkandung dalam korespondensi antara pengguna dan BNC baik melalui email atau kiriman surat fisik;
  2. Specimen tanda tangan;
  3. Rincian keuangan berupa data keuangan dan/atau transaksi perbankan;
  4. Pajak dan informasi asuransi;
  5. Gambar dan rekaman percakapan pengguna dengan karyawan BNC;
  6. Informasi tentang profil risiko, investasi dan data lain berkaitan dengan kepentingan bisnis dan aset;
  7. Informasi yang terkandung dalam korespondensi antara pengguna dan BNC melalui email atau kirimian surat fisik;
  8. Informasi yang terkandung dalam keputusan pengguna beserta dengan persetujuan jika pengguna memutuskan untuk mengajukan untuk mendapatkan layanan atau produk BNC melalui Aplikasi dan/atau Situs Web; dan
  9. Pendapat pribadi berupa umpan balik atau tanggapan terhadap survei yang diberitahukan kepada BNC.

Kegagalan untuk menyediakan data tersebut dapat mengakibatkan BNC tidak dapat memberikan layanannya kepada pengguna.

 

II. Penyimpanan Informasi Pribadi

 

BNC akan melakukan penyimpanan atas informasi atau data pribadi pengguna untuk keperluan arsip sesuai dengan kebijakan yang berlaku pada BNC dari waktu ke waktu.

Sejauh diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, BNC akan terus menyimpan informasi atau data pribadi pengguna yang dikumpulkan oleh BNC, kecuali ada permohonan tercatat dari pengguna untuk mengakhiri pemrosesan, menghapus, dan/atau memusnahkan informasi atau data pribadi tentang pengguna. Dalam hal demikian, BNC akan mengakhiri pemrosesan, menghapus, dan/atau memusnahkan informasi atau data pribadi tentang pengguna sesuai dengan kebijakan yang berlaku di BNC dari waktu ke waktu.

 

III. Data Biometrik

 

Selain informasi atau data pribadi pengguna sebagaimana disebutkan di Bagian I di atas, BNC juga akan mengambil dan menggunakan data biometrik yang diberikan oleh pengguna secara sukarela, yaitu data yang berkaitan dengan fisik, fisiologis, atau karakteristik perilaku individu yang memungkinkan identifikasi unik terhadap individu, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, gambar wajah (“Data Biometrik”).

Sebagai institusi perbankan, BNC memiliki kewajiban untuk melakukan proses know-your-customer (“KYC”), dimana BNC akan memverifikasi Data Biometrik pengguna dengan data yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan/atau penyelenggara sertifikasi elektronik yang tersertifikasi oleh pemerintah Republik Indonesia melalui sistem elektronik. Setelah verifikasi tersebut telah berhasil dilakukan, BNC akan menyimpan Data Biometrik tersebut sebagai bukti proses KYC, serta Data Biometrik pengguna akan digunakan sebagai rujukan dalam pelaksanaan layanan transaksional perbankan oleh pengguna yang membutuhkan 2 (dua) faktor otentikasi sebagaimana disyaratkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

IV. Penyimpanan Data Biometrik

 

Dalam melakukan penyimpanan Data Biometrik pengguna, BNC akan menyimpan Data Biometrik selama pengguna terdaftar sebagai nasabah BNC dan menggunakan layanan perbankan yang tersedia dalam Aplikasi dan/atau Situs Web. Dalam hal pengguna sudah tidak terdaftar sebagai nasabah BNC yang disebabkan oleh penutupan rekening atau sebagainya, BNC akan menyimpan Data Biometrik pengguna selama masa retensi paling lama 10 (sepuluh) tahun atau dengan jangka waktu lebih pendek jika diatur oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku dari waktu ke waktu.

 

V. Penggunaan Informasi Pribadi

 

BNC adalah pemilik tunggal dari semua informasi atau data pribadi yang terkumpul dari Aplikasi dan/atau Situs Web. BNC tidak akan menjual, menukar, membagikan ataupun memperlihatkan informasi atau data pribadi pengguna kepada pihak lain untuk tujuan yang tidak dinyatakan di dalam syarat dan ketentuan yang telah disepakati pada saat BNC menjalani hubungan dengan pengguna dan perubahannya dari waktu ke waktu sesuai pemberitahuan kepada pengguna. BNC akan senantiasa berupaya untuk menjaga keamanan informasi atau data pribadi pengguna dan melindunginya terhadap manipulasi, pemalsuan, akses dan pengungkapan yang tidak bertanggung jawab.

 

BNC dapat menggunakan informasi atau data pribadi pengguna yang dikumpulkan untuk tujuan berikut ini serta untuk tujuan lain seperti yang diizinkan oleh hukum dan peraturan yang berlaku:

 

  1. BNC dapat menggunakan informasi atau data pribadi untuk tujuan bisnis, seperti mengembangkan dan menyediakan fasilitas perbankan, produk atau jasa, termasuk namun tidak terbatas pada membantu BNC dalam menganalisa bagaimana layanan BNC digunakan atau untuk penasihat profesional dan auditor eksternal BNC, termasuk penasihat hukum, penasihat keuangan, dan konsultan-konsultan, perusahaan afiliasi BNC, anak perusahaan, perusahaan induk, dan perusahaan terkait sehubungan dengan operasi bisnis BNC, serta orang atau perusahaan lain yang berada di bawah kewajiban kerahasiaan kepada BNC serta pelaporan kepada pihak regulator dan pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak yang berwenang dan sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia, dan lain sebagainya yang diatur sesuai dengan kebijakan dan prosedur internal BNC atau sesuai dengan syarat dan ketentuan yang mengatur hubungan antara BNC dengan pengguna. Sehubungan dengan ini, BNC akan menggunakan upaya terbaik untuk mendapatkan pihak-pihak terkait sebagaimana disebutkan untuk menghormati Kebijakan Privasi ini.
  2. BNC dapat menggunakan informasi atau data pribadi pengguna untuk tujuan pemasaran yaitu menawarkan produk atau jasa, termasuk penawaran khusus, promosi, kontes atau informasi yang mungkin menarik bagi pengguna. Pesan pemasaran tersebut dapat dikirim kepada pengguna dalam berbagai cara termasuk namun tidak terbatas pada surat fisik, surat elektronik, layanan pesan singkat, telepon, faksimili dan media penyampaian informasi lainnya sesuai dan tunduk kepada peraturan Bank Indonesia/Otoritas Jasa Keuangan dan peraturan lainnya yang berlaku di Indonesia. Pengguna dapat membuat permohonan kepada BNC apabila pengguna ingin berhenti untuk dihubungi oleh BNC untuk tujuan pemasaran tersebut dengan menghubungi call center BNC sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi ini.
  3. Untuk memenuhi persyaratan 2 (dua) faktor otentikasi sebagaimana disyaratkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, BNC akan mengirimkan Data Biometrik pengguna kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan/atau penyelenggara sertifikasi elektronik yang tersertifikasi oleh pemerintah Republik Indonesia untuk tujuan otentikasi data pengguna berupa otentikasi kecocokan wajah, dan sebagai upaya mitigasi risiko BNC.

 

Namun demikian, BNC akan mengungkapkan informasi atau data pribadi pengguna sepanjang diperlukan untuk melindungi dan mencegah penipuan, klaim, dan kewajiban lainnya dalam hal terjadi sengketa atau segala bentuk proses hukum antara pengguna dan BNC, atau antara pengguna dan pihak lain sehubungan dengan, atau terkait dengan layanan pada Aplikasi dan/atau Situs Web, atau dalam keadaan darurat yang berkaitan dengan kesehatan dan/atau keselamatan pengguna dengan tetap tunduk pada hukum dan peraturan yang berlaku.

 

VI. Kebijakan Cookie

 

Setiap kali pengguna menggunakan atau mengunjungi Aplikasi dan/atau Situs Web, informasi tertentu dapat dikumpulkan secara otomatis menggunakan cookie dari form pendaftaran online yang telah diisi oleh pengguna. Cookie adalah file aplikasi kecil yang disimpan di komputer atau perangkat seluler ketika pengguna mengunjungi sebuah situs web atau menggunakan aplikasi. BNC menggunakan cookie untuk menyediakan layanan yang dipersonalisasi, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, login yang relevan dan detail otentikasi serta informasi yang berkaitan dengan aktivitas dan preferensi pengguna pada Aplikasi dan/atau Situs Web.

Cookie mengumpulkan informasi tentang pengguna dan kunjungan pengguna ke Aplikasi dan/atau Situs Web, seperti alamat Internet Protocol (IP), bagaimana terhubung dengan Website (misalnya, melalui mesin pencari atau tautan dari website lain) dan bagaimana menavigasi dalam Aplikasi dan/atau Situs Web. Informasi dari cookie ini membantu BNC mengumpulkan informasi statistik pengunjung untuk meningkatkan layanan Aplikasi dan/atau Situs Web. Beberapa cookie bersifat sementara dan akan hilang ketika pengguna menutup Aplikasi dan/atau Situs Web, sementara beberapa cookie akan bertahan dan akan tetap di komputer atau perangkat seluler pengguna selama beberapa waktu. Sebagian besar perangkat seluler dan browser internet pada komputer mendukung penggunaan cookie, tetapi pengguna dapat menyesuaikan pengaturan pada perangkat seluler dan/atau browser pengguna untuk menolak beberapa jenis cookie tertentu.

 

Perangkat seluler dan/atau browser pengguna juga memungkinkan pengguna untuk menghapus cookie apa pun yang pernah disimpan sebelumnya. Namun, hal itu dapat mempengaruhi fungsi yang tersedia di Aplikasi dan/atau Situs Web.

 

VII. Keamanan Data Pribadi

 

BNC berkomitmen untuk memastikan informasi atau data pribadi pengguna yang diperoleh melalui Aplikasi dan/atau Situs Web tetap aman. Dalam mengimplementasikan komitmen tersebut, maka BNC telah menerapkan prosedur-prosedur dan menggunakan sistem elektronik yang dilengkapi dengan tingkat keamanan yang memadai sesuai dengan yang disyaratkan oleh ketentuan hukum yang berlaku dan BNC akan memperbaharui tingkat keamanan tersebut dari waktu ke waktu.

Untuk memastikan proteksi bagi pengguna dalam melakukan akses ke Aplikasi dan/atau Situs Web, mohon lakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Dalam hal pengguna mengakses Situs Web, mohon pastikan kebenaran alamat yang Anda akses yaitu www.bankneocommerce.co.id;

2. Dalam hal pengguna mengakses Aplikasi, BNC mewajibkan pengguna untuk:

a. memasukkan User ID dan Password/PIN Login sebelum pengguna dapat melakukan akses ke Aplikasi;

b. menjaga kerahasiaan User ID dan Password/PIN Login pengguna dan tidak mengungkapkan kepada siapapun;

c. menghubungi BNC dalam hal pengguna lupa Password/PIN Login atau Password/PIN Login pengguna terblokir. Ikuti instruksi BNC bagaimana cara untuk mengaktifkan Aplikasi pengguna kembali.

Sebagaimana diizinkan berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku, pengguna berhak meminta informasi atau data pribadi pengguna dihapus dari database BNC dengan mengajukan permintaan resmi ke kontak BNC sebagaimana mengacu pada bagian 8 Kebijakan Privasi ini. Namun, sebagai konsekuensinya, pengguna tidak dapat lagi mengakses Aplikasi dan/ atau Situs Web sebagaimana mestinya.

 

VIII. Perubahan Kebijakan Privasi

 

BNC dapat mengubah Kebijakan Privasi ini dengan kebijakan BNC sendiri dari waktu ke waktu, untuk tetap menyesuaikan dengan perkembangan situasi dan/atau perubahan dalam persyaratan hukum yang berlaku dengan memperbaharui halaman ini tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Pengguna Aplikasi dan/atau Situs Web diharapkan untuk meninjau Kebijakan Privasi ini secara seksama dari waktu ke waktu untuk memastikan pengguna mengetahui segala perubahan yang dilakukan terhadap informasi terbaru tentang pemrosesan data dan praktik perlindungan data pada BNC. Setiap aktivitas yang dilakukan melalui Aplikasi dan/atau Situs Web harus tunduk pada versi terbaru dari Kebijakan Privasi ini. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan yang tersedia dalam Aplikasi dan/atau Situs Web, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan pada Kebijakan Privasi dari waktu ke waktu.

 

IX. Pengakuan dan Persetujuan

 

Dengan menggunakan Aplikasi dan/atau Situs Web, pengguna mengakui telah membaca, memahami dan menyetujui Kebijakan Privasi ini beserta seluruh ketentuan penggunaan, praktek, pemrosesan dan pengalihan informasi atau data pribadi pengguna oleh BNC sebagaimana dinyatakan di dalam Kebijakan Privasi ini. Pengguna juga menyatakan bahwa pengguna merupakan pemilik hak tunggal untuk membagikan seluruh informasi yang telah pengguna berikan kepada BNC dan untuk memberikan hak kepada BNC untuk menggunakan informasi tersebut sesuai hukum yang berlaku.

 

X. Situs Pihak Ketiga

 

Dalam menggunakan Situs Web, pengguna mungkin akan menemukan tautan ke situs lain yang dimiliki oleh pihak ketiga dan berada di luar kontrol BNC. Apabila pengguna mengunjungi tautan tersebut melalui Situs Web, BNC menganjurkan kepada pengguna untuk membaca dan memahami kebijakan privasi dari tautan tersebut karena BNC tidak bertanggungjawab terhadap tautan tersebut dan Kebijakan Privasi ini tidak berlaku atas situs hasil tautan tersebut.

 

XI. Bagaimana menghubungi kami

 

Sesuai dengan Kebijakan Privasi ini, BNC berkomitmen untuk memenuhi permintaan atau pertanyaan lebih lanjut terkait informasi atau data pribadi pengguna (termasuk namun tidak terbatas pada memperbaharui dan/atau menghapus data). Oleh karena itu, silakan hubungi kami di:

 

PT Bank Neo Commerce Tbk
Treasury Tower Lantai 60, SCBD, District 8,
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53 RT 5/RW 3, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12190
Email: customercare@bankneo.co.id
Call Center: 1500-190

 

 

 

 

Tunggu apa lagi?

Yuk, cobain pakai neobank sekarang!