• Home
  • Berita
Berapa Penghasilan YouTuber dan Cara Cari Uang Tambahan dari YouTube
Berapa Penghasilan YouTuber dan Cara Cari Uang Tambahan dari YouTube





YouTube merupakan platform teratas di kalangan masyarakat Indonesia, menurut laporan We Are Social dan Hootsuite, dengan 94% populasi mengaksesnya dalam sebulan terakhir. Mengungguli raksasa media sosial lainnya seperti Instagram (86,6%), Facebook (85,5%), dan Twitter (52,4%), YouTube mendominasi lanskap digital di Indonesia.

Dengan beragam kontennya, YouTube menawarkan pilihan hiburan tanpa akhir bagi lebih dari 100 juta penggunanya. Dari tutorial memasak hingga vlog perjalanan dan segala sesuatu di antaranya, platform ini melayani beragam minat, menjadikannya tujuan wisata dan eksplorasi.

 

Cara Menghitung Penghasilan dari YouTube?

Penghasilan YouTuber terutama dinilai melalui Cost per Mille (CPM), yang menghitung pendapatan per seribu tayangan dan klik pada iklan yang ditampilkan dalam video. Semakin menarik konten, semakin tinggi penayangannya, sehingga menghasilkan lebih banyak iklan yang ditayangkan.

Hasilnya, penghasilan dari video tersebut akan meningkat. Biasanya, sebagian besar YouTuber bisa mendapatkan penghasilan sekitar 18 dollar AS atau kurang lebih 250 ribu per 1000 tampilan iklan.

Dengan penjelasan tersebut, terlihat jelas bahwa penghasilan YouTuber Indonesia berbeda-beda. Selain itu, penting untuk tidak membandingkan penghasilan YouTuber Indonesia yang sudah mapan dengan yang baru memulai, karena YouTuber pemula tentu saja memiliki tingkat pendapatan yang lebih rendah.

 

Baca juga: Deposito FLEXI: Deposito Fleksibel yang Menguntungkan

 

Siapa YouTuber Indonesia dengan Penghasilan Tertinggi?

Meski begitu, pendapatan YouTuber Indonesia masih bisa sangat menguntungkan. Beberapa di antaranya masuk dalam daftar YouTuber berpenghasilan tertinggi versi Social Blade. Para YouTuber ini berhasil mengantongi hingga miliaran rupiah lho!

Penasaran siapa saja YouTuber dengan penghasilan tertinggi di Indonesia dan berapa penghasilan YouTuber di Indonesia? Inilah daftar YouTuber dengan penghasilan tertinggi di Indonesia per Juni 2024.

 

1. Klara Tania 

  • 18,8 juta subscribers 
  • 2,242 video 
  • 11.873.922.880 views 

 

Video hiburan misteri, cerita film, kompilasi video lucu. Klara Tania dikabarkan menjadi YouTuber berpenghasilan tertinggi di Indonesia, dengan pendapatan bulanan berkisar antara 103,2 ribu hingga 1,7 juta USD atau setara Rp1,6 hingga 26,5 miliar (berdasarkan kurs Rp15.588).

 

2. Vilmei 

  • 29,6 juta subscribers 
  • 1.742 video 
  • 1.780.312.679 views

 

Video hiburan melakukan berbagai macam eksperimen, prank, hingga mukbang. Pemilik nama lengkap Meicy Villia ini berpenghasilan bulanan antara 72,7 ribu hingga 1,2 juta USD atau setara dengan sekitar Rp 1,1 hingga 18,7 miliar dari YouTube. 

 

3. Willie Salim 

  • 31,7 juta subscribers 
  • 943 video 
  • 5,181,465,591 views 

 

Video hiburan borong belanjaan, mukbang, hingga eksperimen. Peringkat ketiga YouTuber dengan pendapatan tertinggi dari platform tersebut adalah Willie Salim. Penghasilan bulanannya berkisar antara 66 ribu hingga 1,1 juta USD atau Rp 1 hingga 17 miliar.

 

4. Frost Diamond 

  • 38,8 juta subscribers 
  • 3,352 video 
  • 9,2 miliar views 

 

Video gaming, horor, daily vlog, hingga prank. Kananda Widyantara, pencipta saluran YouTube Frost Diamond, merupakan tokoh terkemuka di komunitas YouTube Indonesia.Penghasilan bulanan Frost Diamond  mencapai Rp735 juta hingga Rp1,1 miliar

 

5. Yudist Ardhana 

  • 21,4 juta subscribers 
  • 3,965 video
  • 9,6 miliar views 

 

YouTuber asal Bali ini banyak membuat konten tentang olahraga, hobi, dan eksperimen. Perkiraan pendapatan bulanan Yudist Ardhana mencapai 44,2 ribu - 707,3 ribu USD atau sekitar Rp689 juta - Rp1,1 miliar. Banyak, ya! 

 

6. Ria Ricis 

  • 45,9 juta subscribers 
  • 4,337 video 
  • 7,7 miliar views 

 

Konten Ria Ricis banyak menampilkan daily vlog-nya. Views tertinggi yang ia dapatkan mencapai 130 juta, lho. Ria Ricis berhasil mengantongi 36,6 ribu - 585,5 ribu USD atau sekitar Rp570 juta - Rp912 juta per bulan.

 

7. Jess No Limit 

  • 49,4 juta subscribers 
  • 2,930 video
  • 6,4 miliar views 

 

Suami dari Sisca Kohl ini banyak memproduksi konten games, daily vlog, hingga prank. Melihat jumlah views dan subcribers-nya, penghasilan Jess No Limit per bulan bisa mencapai Rp559 - Rp894 juta. 

 

Baca juga: Mimpi Berangkat Umroh? Wujudkan Pakai neobank

 

Cari Uang Tambahan dari YouTube 

Sudah diketahui secara luas bahwa YouTube tidak hanya berfungsi sebagai platform berbagi video, namun juga sebagai jalan yang menguntungkan bagi mereka yang secara aktif memproduksi dan memonetisasi konten. 

Saat ini, menjadi pembuat konten di YouTube, atau YouTuber, diakui sebagai profesi yang sah, dan pembuat konten memperoleh penghasilan dari konten videonya.

Kamu bisa cari uang tambahan dari YouTube dengan memposting video menarik di saluran sendiri. Gunakan nama asli atau pilih pengenal unik untuk menarik perhatian audiens. Namun, perlu diingat bahwa YouTube memiliki kriteria khusus bagi saluran untuk memonetisasi kontennya.

Selain membangun saluran kamu, perhatikan beberapa hal penting dalam membuka channel YouTube agar bisa menghasilkan pendapatan berikut ini: 

 

1. Tentukan konsep saluran

2. Akumulasi waktu menonton dan jumlah pelanggan

3. Monetisasi akun YouTube

4. Tautan dengan AdSense

 

Setelah kamu membuka channel YouTube, jangan lupa untuk terus membuat konten. Butuh konsistensi dan kesabaran. Lakukan percobaan dengan berbagai macam jenis konten supaya bisa mendatangkan views dan subscriber. Namun, tetap buat konten yang positif, ya. 

 

Kalau channel kamu sudah menghasilkan, simpan uangnya di  Tabungan NOW atau Deposito WOW supaya lebih berkembang. 

 

Download aplikasi neobank di PlayStore dan App Store. Buka Tabungan Neo, Tabungan NOWDeposito WOW, atau Deposito Flexi sekarang! 

 

***

Info lengkap serta syarat & ketentuan mengenai tabungan di neobank, kunjungi bit.ly/neotabungandeposito

PT Bank Neo Commerce Tbk berizin & diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

 

 

 

 

Tunggu apa lagi?

Yuk, cobain pakai neobank sekarang!