• Home
  • Berita
Cara Cek SLIK OJK Online atau BI Checking Buat Lihat Skor Kredit
Cara Cek SLIK OJK Online atau BI Checking Buat Lihat Skor Kredit





Hati-hati buat kamu yang suka telat apalagi mangkir bayar tagihan kartu kredit atau cicilan lainnya. Karena dampaknya bukan cuma menambah utang, tapi juga bisa mencoreng reputasi kamu sebagai debitur. Kalau reputasi kredit kamu bermasalah, kedepannya kamu akan susah. Kredibilitas kamu sebagai debitur diragukan sehingga penyedia pinjaman gak mau kasih pinjaman lagi. 

Riwayat kredit kamu terdokumentasi dalam SLIK oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  SLIK OJK adalah singkatan dari Sistem Layanan Informasi Keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan. Dahulu SLIK bernama BI Checking. Ini berfungsi sebagai gudang rekam jejak kredit yang digunakan oleh pemberi pinjaman dan peminjam.

Informasi dalam SLIK memberikan wawasan kepada kreditor mengenai kelayakan kredit. Ini mencakup rincian seperti identitas, riwayat pembayaran, pinjaman yang diperoleh, dan jaminan. Pembaruan dilakukan setiap bulan, dan informasi ini dapat diakses oleh bank dan lembaga keuangan.

Menurut OJK, SLIK adalah sistem informasi yang pengelolaannya di bawah tanggung jawab OJK yang bertujuan melaksanakan tugas pengawasan dan pelayanan informasi keuangan, yang salah satunya berupa penyediaan informasi debitur (iDeb).

SLIK memperluas cakupan iDeb dengan melingkupi lembaga keuangan bank, lembaga pembiayaan, dan lembaga keuangan non-bank yang mempunyai akses data debitur dan kewajiban melaporkan data debitur ke Sistem Informasi Debitur. 

Fungsi SLIK OJK 

SLIK berguna sebagai informasi kredit individu. Kamu dapat mengetahui bagaimana kualitas kredit kamu. Catatan kredit yang bersih akan sangat mempermudah kamu untuk mengajukan kredit ke bank atau lembaga keuangan lainnya. Peluang kredit untuk disetujui semakin akan semakin terbuka lebar. 

Dari sudut pandang kreditur, SLIK berfungsi sebagai alat fundamental untuk menilai individu sebelum memberikan kredit, yang bertujuan untuk memitigasi risiko kredit di masa depan. Ini menawarkan transparansi keuangan yang menguntungkan individu dan kreditor. Pada dasarnya, SLIK berfungsi sebagai laporan keuangan kami, yang menentukan kelayakan kami untuk mendapatkan kredit.

Baca juga: Tips Mengatasi Kredit Macet

Cara Cek SLIK OJK Online yang Mudah

Selain cara konvensional seperti mengunjungi kantor OJK, SLIK juga bisa didapat secara online. Bukan hanya bank atau lembaga keuangan yang bisa cek SLIK OJK online, kamu sebagai masyarakat biasa pun bisa melakukannya. kamu juga bisa cek SLIK online. 

  1. Buka https://idebku.ojk.go.id 
  2. Pilih ‘Pendaftaran’
  3. Isi seluruh kolom dan cek ketersediaan layanan 
  4. Di situ ada formulir yang mesti kamu isi. Kemudian isi semua kolom dalam formulir tersebut. 
  5. Unggah dokumen persyaratan 

Individu

  • KTP 
  • Surat kuasa (jika ada hal yang dikuasakan) 
  • Surat kematian dan dokumen yang membuktikan ada hubungan keluarga (jika debitur sudah meninggal) 

Badan Usaha 

  • NPWP 
  • Akta pendirian perusahaan 
  • Perubahan anggaran dasar terakhir 
  • Surat kuasa (jika ada hal yang dikuasakan) 
  1. Unggah foto sesuai arahan
  2. Pendaftaran berhasil. Kamu akan menerima email dan informasi nomor pendaftaran. 
  3. OJK akan memvalidasi data 
  4. Cek status pengajuanmu di menu ‘Status Layanan’
  5. Kalau berhasil, iDeb akan dikirimkan ke email kamu dalam kurun waktu 1 hari kerja.

Cek SLIK offline 

  1. Siapkan dokumen persyaratan 

Individu

  • KTP 
  • Surat kuasa (jika ada hal yang dikuasakan) 
  • Surat kematian dan dokumen yang membuktikan ada hubungan keluarga (jika debitur sudah meninggal) 

Badan Usaha 

  • NPWP 
  • Akta pendirian perusahaan 
  • Perubahan anggaran dasar terakhir 
  • Surat kuasa (jika ada hal yang dikuasakan) 
  1. Kunjungi kantor OJK terdekat 
  2. OJK melakukan pengecekan 
  3. Jika disetujui, SLIK akan dikirimkan melalui email 

Cara Membaca SLIK Online

Informasi skor kredit SLIK OJK yang tersedia dalam SLIK terdiri dari beberapa kriteria yaitu 

  1. Skor 1 

Kredit Lancar 

Riwayat kredit kamu bagus. Artinya kamu tidak pernah menunggak. Cicilan atau utang selalu dibayar tepat waktu

  1. Skor 2

Kredit Dalam Perhatian Khusus (DPK) 

Kamu sedang menunggak tagihan dalam jangka waktu 1-90 hari

  1. Skor 3 

Kredit Tidak Lancar 

Kamu menunggak tagihan selama 91-120 hari 

  1. Skor 4

Kredit Diragukan

Kamu menunggak tagihan selama 121-180 hari 

  1. Skor 5 
  2. Kredit Macet 

Kamu telah menunggak tagihan selama lebih dari 180 hari

Baca juga: Apa Itu Tenor Pinjaman?

Pengaruh SLIK Pada Proses Penerimaan Kerja 

Sebagai rapor kredit, SLIK disebut bisa mempengaruhi proses penerimaan karyawan baru. Calon karyawan yang skor kreditnya jelek atau banyak tunggakan, bisa jadi batal diterima kerja. Katanya, SLIK jadi salah satu pertimbangan memilih karyawan. 

Lalu, apakah benar? Melansir dari halaman Kompas.com, pihak Kemenaker mengungkapkan bahwa SLIK berkaitan dengan pinjaman online. Namun, tidak terlalu berpengaruh pada proses rekrutmen karyawan. 

Namun, pihak Kemenaker juga mengatakan bahwa ada perusahaan yang menjadikan SLIK sebagai bahan pertimbangan. Semuanya kembali lagi terhadap kebijakan perusahaan masing-masing. 

Nah, buat jaga-jaga, selain untuk mengantisipasi gagal mengambil kredit di masa depan dan mendapat pekerjaan, yuk bijak dalam berutang! Jangan sampai ada tunggakan yang membuat skor kredit kamu jelek. 

Pembersihan Riwayat Kredit

Bagaimana kalau skor kredit kamu di SLIK buruk dan berpotensi gak bisa mengajukan kredit? Tenang. kamu masih bisa perbaiki. Caranya adalah dengan membayar tagihan kredit yang masih tertunggak secepatnya. Kalau kamu sudah melakukannya tapi skor kreditnya masih merah, kamu bisa minta surat keterangan kepada kreditur disertai dengan bukti bayar. 

Kemudian, serahkan surat tersebut ke OJK. Ajukan perubahan data dan pembersihan nama di SLIK. Tunggu beberapa saat, sampai OJK mengabulkan permintaanmu dan mengubah status kredit. Setelah semuanya beres, kamu bisa langsung mengajukan kredit lagi. Jangan lupa pertahankan status baik kredit ya! 

Jika skor kredit kamu bagus, artinya kamu bisa ajukan dana untuk kebutuhan mendadak di Neo Pinjam di neobank. Yuk, download aplikasi neobank di PlayStore dan App Store dan ajukan pinjaman di Neo Pinjam

***

PT Bank Neo Commerce Tbk berizin & diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

 

 

 

 

 

Tunggu apa lagi?

Yuk, cobain pakai neobank sekarang!