• Home
  • Berita
Cara Mudah Nikmati 5 Keuntungan Investasi Emas
Cara Mudah Nikmati 5 Keuntungan Investasi Emas





May 17, 2024 by Wahyu Septiyani

 

Investasi emas mungkin tidak se-trend pilihan investasi lain seperti reksa dana atau saham. Namun tahukah Anda bahwa menurut survei yang dilakukan oleh Katadata Insight Center, 60% kelompok usia muda, yaitu Gen Z dan Milenial, lebih memilih berinvestasi emas?

Emas dikenal sebagai investasi yang tahan banting terhadap inflasi. Selain itu, emas sering dianggap sebagai lindung nilai atau safe haven yang dapat diandalkan terhadap inflasi karena kecenderungannya untuk menjaga kestabilan harga. Likuiditasnya yang cukup tinggi memungkinkan penjualan cepat, sehingga meminimalkan risiko investasi.

 

5 Keuntungan Investasi Emas

Jika ditanya, investasi emas apakah menguntungkan? Jawabannya adalah iya. Bukan tanpa sebab emas jadi instrumen favorit anak muda. Selain keuntungan yang bisa dinikmati di masa depan, berikut beberapa keuntungan investasi emas yang bisa kamu dapatkan. 

Bebas dari inflasi

Nilai tabungan yang disimpan dalam bentuk mata uang dapat berubah akibat inflasi. Berbeda dengan uang, nilai emas biasanya tumbuh seiring dengan tingkat inflasi, dan dalam beberapa kasus, bahkan meningkat. 

Misalnya, saat ini harga emas berada di Rp897.000 per gram. Tidak menutup kemungkinan dalam beberapa tahun mendatang harga akan naik signifikan menjadi Rp1 juta per gram sehingga memberikan potensi keuntungan bagi investor.

 

Beli dengan nominal kecil 

Saat ini, kamu memiliki kesempatan untuk membeli atau mengakumulasi emas dengan harga yang lebih terjangkau. Hebatnya, hal ini bukan karena harga emas yang turun. Beberapa platform investasi atau tabungan emas digital menawarkan opsi untuk membeli emas dalam jumlah yang lebih kecil. 

Kamu tidak lagi diharuskan membeli satu gram penuh sekaligus. Hanya dengan Rp 10.000, kamu sudah bisa berinvestasi emas. Pada saat artikel ini ditulis, jumlah tersebut setara dengan 0,010697 gram emas.

Dengan harga serendah itu, kamu mungkin tidak akan merasa mengeluarkan banyak uang. Namun, penting untuk diingat bahwa setiap platform mungkin memiliki persyaratan pembelian minimumnya sendiri. Oleh karena itu, disarankan untuk memeriksa ketentuan sebelum melakukan pembelian.

 

Emas bisa digadai dan dijual dengan cukup cepat 

Jika kamu punya emas fisik dan sedang membutuhkan dana cepat, kamu bisa menggadaikan emas yang kamu punya. Gadai menawarkan solusi ketika membutuhkan uang tunai segera tanpa ingin menjual seluruh kepemilikan emas. Setelah melunasi pinjaman, kamu dapat mengambil emas.

Sementara untuk emas digital, kamu bisa menjual di platform tempat membeli untuk mendapatkan dana segar. 

 

Bisa dicetak menjadi emas batangan

Apakah kamu sedang mencari alternatif menabung emas dalam bentuk digital? Kamu dapat memilih untuk mengubah emas digital menjadi batangan. Batangan ini tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Dengan begitu, tabungan emas kamu akan berbentuk fisik dan bisa disimpan.

 

Diversifikasi investasi 

Investor disarankan untuk tidak hanya bergantung pada satu jenis investasi saja. Diversifikasi melibatkan penyebaran investasi ke berbagai instrumen. Oleh karena itu, dana dialokasikan ke berbagai instrumen. 

Dengan memegang berbagai jenis investasi, seseorang dapat memitigasi risiko kerugian dan mengoptimalkan keuntungan. Emas pun dapat menjadi pilihan diversifikasi investasi karena terbilang aman dan menguntungkan. 

Baca juga: Cara Mengatasi Laju Inflasi Biar Keuangan Tetap Aman Terkendali

 

Cara Investasi Emas untuk Pemula

Belum pernah investasi emas? Tidak perlu khawatir. Yuk, simak cara investasi emas untuk pemula berikut ini:

  • Mulai dari nominal kecil 

Langkah awal untuk berinvestasi emas dimulai dengan jumlah yang kecil. Melalui aplikasi neobank, kamu dapat membeli emas hanya dengan Rp10.000. Memilih jumlah investasi kecil menawarkan beberapa keuntungan, terutama bagi pemula dalam investasi emas.

Pertama, memerlukan modal minimal, sehingga individu dapat mengalokasikan sebagian dari anggaran hariannya. Kedua, investasi yang lebih kecil tetap dapat menanamkan rasa berani dan konsistensi dalam berinvestasi. Dengan memulai dengan jumlah yang sedikit, seseorang dapat mencapai hasil yang signifikan.

  • Perhatikan waktu saat membeli 

Untuk berinvestasi emas secara menguntungkan, salah satu strateginya adalah membeli emas saat harga turun dan menjualnya saat harga naik untuk memaksimalkan keuntungan. Oleh karena itu, penting untuk memantau fluktuasi harga emas secara konsisten.

  • Jangan buru-buru jual emas 

Menghasilkan pendapatan langsung dengan menjual emas mungkin tampak menarik. Namun, hal ini memerlukan pemantauan terus-menerus terhadap fluktuasi harga emas, yang dapat memakan waktu lama. 

Biasanya, investasi emas lebih cocok untuk jangka panjang. Dianjurkan untuk mempertimbangkan untuk menyimpannya selama 5-10 tahun lagi sebelum menjualnya. Cara ini memiliki peluang meraup keuntungan yang lebih besar.

  • Beli secara rutin dan konsisten

Tetapkan pembelian emas yang teratur, baik mingguan, bulanan, atau berdasarkan keadaan keuanganmu untuk memastikan pertumbuhan yang konsisten. Anggap saja sebagai pendekatan disiplin untuk menabung uang secara teratur. Strategi ini memungkinkan kamu merasakan manfaat investasi emas dalam jangka waktu yang relatif singkat, biasanya dalam satu tahun.

Poin paling penting dari metode ini adalah konsistensi. Setiap bulan kamu harus membeli emas. Anggap saja kamu sedang menabung. 

Baca juga: Cara Menabung yang Efektif, Konsisten, dan Bikin Untung

 

Cara Investasi Emas di Aplikasi neobank

Di aplikasi neobank terdapat fitur Neo Emas untuk transaksi jual-beli emas digital dengan praktis, aman, dan efisien. Bagaimana caranya?


Cara Investasi Emas di Fitur Neo Emas 

  1. Buka aplikasi neobank 
  2. Pilih menu “Neo Emas” 
  3. Baca seluruh syarat dan ketentuan
  4. Masukkan alamat e-mail aktif
  5. Klik “Yuk, cobain sekarang!”
  6. Baca “Syarat & Ketentuan eKYC”
  7. Klik “Saya sudah baca dan menyetujui”
  8. Kik “Mulai Sekarang”
  9. Lengkapi data yang dibutuhkan
  10. Setelah berhasil terverifikasi klik “Yuk, cobain sekarang!” 
  11. Nasabah sudah dapat melakukan transaksi 

 

Cara Beli Emas di Fitur Neo Emas 

  1. Buka fitur Neo Emas
  2. Klik “Beli Emas”
  3. Masukkan jumlah yang ingin dibeli, bisa dengan nominal atau dalam gramasi
  4. Klik “Selanjutnya” untuk konfirmasi pembayaran, masukkan PIN, dan transaksi selesai

 

Cara Jual Emas di Fitur Neo Emas

  1. Klik “Jual Emas”
  2. Tentukan berapa gram yang ingin dijual
  3. Masukkan PIN dan transaksi selesai

 

Modal bukan lagi halangan untuk bisa mulai investasi emas. Dengan aplikasi neobank, kamu juga bisa berinvestasi kapan saja dengan mudah. 

Download aplikasi neobank di PlayStore dan App Store. Buka Neo Emas di aplikasi neobank sekarang! 

 

***

PT Bank Neo Commerce Tbk berizin & diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

 

 

 

 

Tunggu apa lagi?

Yuk, cobain pakai neobank sekarang!