• Home
  • Berita
Cari Tahu Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM
Cari Tahu Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM





Tren transaksi ATM cardless (Tarik Tunai Tanpa Kartu) makin meningkat tajam. Fleksibilitas yang lebih besar daripada menggunakan kartu fisik membuat transaksi jadi lebih praktis, mudah dan tetap aman. Layanan tarik tunai tanpa kartu memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Neotizen ketahui agar tetap lancar bertransaksi. Apa aja sih kelebihan dan kekurangannya, yuk kita bahas.

Kelebihan dan Kekurangan Transaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu

Pernah kehilangan kartu ATM? Atau lupa membawa kartu saat mau ambil tunai di ATM? Neotizen pasti kesel banget! Jangan khawatir, sekarang ada inovasi berupa ATM cardless dan sudah banyak mesin ATM yang mengakomodir layanan cardless karena memang lebih aman dan praktis.

Proses transaksinya mirip seperti di mesin ATM konvensional. Artinya, kamu dapat melakukan penarikan tunai seperti yang dapat dilakukan di ATM. Nah, Neobank saat ini memiliki fitur Tatutatu (Tarik Tunai Tanpa Kartu) menggunakan mesin ATM berlogo Prima seperti pada mesin-mesin ATM milik BNI, CIMB Niaga, dan BRI.

Adapun beberapa kelebihan dari transaksi tarik tunai tanpa kartu adalah sebagai berikut:

  1. Lebih nyaman dan akses lebih cepat, karena Neotizen dapat memulai proses penarikan sebelum sampai ke ATM.
  2. Kemudahan dan kepraktisan, kamu tidak perlu membawa kartu fisik, cukup memakai smartphone yang sangat berguna jika kartu ATM hilang atau tertinggal di rumah.
  3. Mengurangi risiko sehingga dapat terhindar dari praktik kejahatan skimming yang mengincar informasi kartu serta kartu ATM milik Neotizen di mesin ATM, karena tidak ada kartu fisik yang digunakan.
  4. Transaksi ATM cardless menggunakan kode OTP khusus dan dikirimkan langsung ke aplikasi mobile banking yang Neotizen miliki.
  5. Setiap transaksi cardless memiliki batas waktu, apabila setelah batas waktu ditentukan Neotizen tidak melakukan transaksi di ATM, maka proses transaksi akan dibatalkan.

Meski menawarkan beberapa kelebihan, transaksi tarik tunai tanpa kartu nyatanya masih memiliki beberapa kekurangan yang harus Neotizen pahami yaitu:

  1. Ketergantungan pada smartphone, ATM cardless bergantung pada smartphone dan jaringan internet. Jika smartphone rusak atau jaringan internet bermasalah, kamu mungkin tidak bisa mengakses layanan ini.
  2. Jika menggunakan jaringan Wi-Fi publik yang tidak aman, data dan informasi login sampai OTP Neotizen bisa dicuri oleh fraudster menggunakan phishing atau malware. 
  3. Apabila smartphone Neotizen hilang atau dicuri, ada risiko bahwa fraudster yang tidak bertanggung jawab bisa mencoba mengakses akun perbankan Neotizen lewat smartphone yang hilang.
  4. Fraudster bisa melakukan kejahatan siber dengan modus SIM Swap, yaitu mereka mengganti kartu SIM Neotizen untuk mendapatkan nomor ponsel dan menerima OTP.
  5. Batasan jumlah penarikan, ada batas maksimal penarikan per transaksi dan per hari yang ditetapkan oleh Bank, sama seperti penarikan menggunakan kartu fisik.

Tips Aman Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM

Setelah Neotizen tahu kelebihan dan kekurangan transaksi tarik tunai tanpa kartu, berikut tips bertransaksi dengan aman:

  1. Pastikan selalu mendownload aplikasi perbankan resmi dari penyedia aplikasi yang terpercaya.
  2. Selalu perbarui aplikasi perbankan dan sistem operasi smartphone untuk mendapatkan perlindungan terbaru dari ancaman keamanan.
  3. Gunakan fitur keamanan tambahan ganda seperti sidik jari atau pengenalan wajah selain PIN atau password.
  4. Hindari dan jangan melakukan transaksi perbankan menggunakan jaringan Wi-Fi publik.
  5. Jangan klik tautan mencurigakan agar terhindari dari phishing, dan jangan memberikan informasi pribadi melalui email atau pesan teks yang tidak terpercaya.
  6. Ketika terdapat aktivitas/transaksi mencurigakan, segera hubungi kanal resmi Bank Neo Commerce atau segera hubungi Pusat Bantuan Bank Neo Commerce jika menemukan transaksi mencurigakan di rekening Neotizen, mendapatkan email yang berhubungan dengan rekening pribadi, atau pesan singkat mencurigakan dengan menghubungi kanal resmi Bank Neo Commerce:

 

 

 

 

Tunggu apa lagi?

Yuk, cobain pakai neobank sekarang!