• Home
  • Berita
Ketahui Perbedaan LLG, RTGS, dan Real Time Transfer untuk Kirim Uang
Ketahui Perbedaan LLG, RTGS, dan Real Time Transfer untuk Kirim Uang





Saat ini, semakin mudah dan banyak fasilitas yang bisa kamu gunakan dalam layanan transfer pada perbankan, di antaranya ada LLG (Lalu Lintas Giro), RTGS (Real Time Gross Settlement), dan Real Time Online. Ketiganya adalah jenis layanan transfer yang disediakan perbankan untuk memudahkan para nasabah melakukan transaksi keuangan.

Kamu mungkin sudah sering mendengar dan familiar dengan ATM Bersama atau transfer real time online, baik melalui mobile banking, online banking, atau mesin ATM. Namun, bagaimana dengan kedua layanan transfer lainnya? Apakah perbedaan LLG dan RTGS? 

1. LLG (Lalu Lintas Giro)

LLG merupakan layanan transfer rekening antar-bank melalui mekanisme kliring. Kliring merupakan pengecekan yang dilakukan oleh bank mengenai kecukupan nominal saldo rekening yang akan dikirim atau ditransfer ke rekening bank lain.

Layanan transfer melalui LLG memiliki keunggulan dan juga kelemahan. Keunggulannya yaitu biaya layanan yang cenderung terjangkau. Namun, setiap bank punya biaya LLG yang beragam dan tidaklah sama.

Tapi, Bank Indonesia (BI) mematok biaya layanan LLG sebesar Rp5.000 per transaksi. Layanan transfer LLG memiliki batas minimum dan maksimum transfer uang, yaitu Rp10.000 dan maksimum Rp99.999.999 per hari.

Mentransfer uang melalui LLG memiliki kelemahan dalam hal waktu, karena biasanya memerlukan waktu antara 2 hingga 3 hari kerja untuk sampai ke rekening bank penerima. Keterlambatan ini terjadi karena bank pengirim terlebih dahulu mentransfer dananya ke Bank Indonesia (BI), yang kemudian memfasilitasi pengiriman ke bank penerima.

Selain itu, proses LLG dinilai kurang fleksibel karena beroperasi pada waktu kliring terjadwal dibandingkan proses kontinyu. Bank mengikuti hari kliring tertentu untuk transaksi ini.

Untuk memulai transfer LLG, kamu memiliki pilihan untuk mengisi formulir untuk pemrosesan manual di teller bank. Alternatifnya, kamu dapat memilih metode online melalui internet banking atau aplikasi seluler dengan memilih opsi LLG yang tersedia.

Baca juga: Scan, Bayar, Selesai. Transaksi Praktis dengan QRIS neobank

2. RTGS (Real Time Gross Settlement)

RTGS merupakan layanan transfer uang antar-bank secara real time dengan mata uang rupiah. Arti real time di sini meski proses pengiriman uang ke rekening tujuan dilakukan saat itu juga, namun bukan berarti uang yang dikirim sampai ke rekening tujuan penerima di hari yang sama. RTGS membutuhkan waktu kurang lebih 3 hingga 4 jam, dan bisa lebih cepat.

Misalkan, kamu melakukan transfer pada pagi hari, maka uang yang kamu kirim tersebut akan tiba ke rekening tujuan pada siang atau sore di hari yang sama. Namun, jika transfer dilakukan saat jam-jam menjelang berakhirnya operasional bank, maka uang tersebut akan sampai pada hari berikutnya. Umumnya, bank bersedia melayani transaksi LLG dan RTGS hingga pukul 15:00. 

Mirip dengan LLG, pada layanan RTGS, Bank Indonesia (BI) memfasilitasi pengiriman dana dari bank pengirim ke bank penerima. Batas minimal transfer RTGS adalah Rp 100.000.000,- dan tidak ada batasan maksimal karena ditentukan oleh masing-masing bank.

Dibandingkan dengan LLG, transfer RTGS lebih cepat. Alhasil, biaya layanan RTGS pun lebih tinggi, berkisar antara Rp15.000 hingga Rp50.000 per transaksi, tergantung banknya.

Tabel Perbedaan LLG dan RTGS

Agar makin mudah memahami mengenai perbedaan transfer LLG dan RTGS, berikut ini tabel dari perbedaan LLG dan RTGS berdasarkan penjelasan di atas. Simak, yuk!

Keterangan

LLG 

(Lalu Lintas Giro)

 

RTGS

(Real Time Gross Settlement)

Waktu proses

2 – 3 hari

3 – 4 jam

Eksekutor

Bank Indonesia

Bank Indonesia

Sarana layanan

Kantor cabang, internet banking, mobile banking

Kantor cabang, internet banking, mobile banking

Batas minimum per transaksi

Rp10.000

Rp100.000.000

Batas maksimum per transaksi

Rp99.999.999

Tergantung limit transaksi masing-masing bank

Biaya layanan per transaksi

Rp5.000 (Ditetapkan Bank Indonesia)

Rp15.000 hingga Rp50.000 (tergantung masing-masing bank)

 

Meskipun LLG dan RTGS adalah layanan untuk mentransfer uang, ada perbedaan mencolok di antara keduanya. Jika jumlah transfer melebihi Rp100 juta, Anda mempunyai opsi untuk memilih antara LLG dan RTGS. Untuk jumlah kurang dari Rp1 miliar, RTGS masih bisa digunakan. Namun, kalau kamu mau transfer dengan nominal di atas Rp1 miliar, maka sebaiknya menggunakan RTGS.

Untuk transfer tidak mendesak di bawah Rp1 miliar, LLG merupakan pilihan yang hemat biaya meskipun waktu pemrosesannya lebih lambat. RTGS menawarkan alternatif mengirim uang lebih cepat.

Baca juga: Abis Gajian Terbitlah Tagihan, Bayar Pakai neobank Jadi Gak Ribet!

3. Real Time Transfer 

Umumnya dikenal sebagai transfer instan, menawarkan metode pengiriman uang yang nyaman dan cepat. Metode ini memungkinkan transaksi dimulai dan diproses segera melalui smartphone atau internet banking, memastikan dana sampai ke penerima tanpa penundaan.

Biasanya, transfer online real-time dapat menangani jumlah mulai dari Rp10.000 ke rekening bank tertentu. Namun, ada batasan Rp50 juta untuk setiap transaksi. Untuk jumlah yang melebihi batas ini, kamu harus mempertimbangkan metode transfer alternatif.

Jika kamu transfer ke rekening di bank lain, akan dikenakan biaya administrasi transfer antar bank yang berbeda-beda tiap transaksinya.

Singkatnya, transfer online real-time ideal untuk jumlah kecil hingga sedang yang mengutamakan kecepatan dan kenyamanan. Mereka menyediakan cara yang mulus untuk mengirim uang secara instan dalam batas tertentu, menjadikannya pilihan yang disukai banyak pengguna perbankan digital.

Kamu perlu mengetahui perbedaan LLG, RTGS, Real Time Transfer untuk memilih layanan transfer yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu dan menawarkan keuntungan maksimal.

Selain memilih antara LLG dan RTGS, pertimbangan juga harus diberikan dalam memilih rekening tabungan yang memberikan manfaat optimal bagi nasabah.

Yuk, download aplikasi neobank di PlayStore dan App Store sekarang!

***

PT Bank Neo Commerce Tbk berizin & diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

 

 

 

 

 

Tunggu apa lagi?

Yuk, cobain pakai neobank sekarang!