Sebagai nasabah, kamu pastinya peduli dengan keamanan dan kerahasiaan data pribadi. Inilah mengapa dari pihak bank selalu memberikan informasi dan mengajak para nasabahnya supaya peduli mengenai pengkinian data. Seperti kamu, para kamu setia.
Tapi tidak semua orang berpikiran sama, karena banyak juga yang mengira kalau pengkinian data bukanlah sesuatu hal penting. Padahal di balik itu, ada banyak manfaatnya untuk transaksi dan keamanan rekening perbankan bagi nasabah sendiri.
Sebenarnya, apa itu pengkinian data? Terus jika kita tidak melakukan pengkinian data, apa akibatnya terhadap rekening nasabah, terutama untuk para kamu di neobank? Yuk, kita simak pembahasannya.
Apa Itu Pengkinian Data?
Pengkinian data adalah proses pembaruan data nasabah yang telah bergabung di suatu perusahaan penyedia jasa keuangan. Umumnya, data yang perlu diperbaharui adalah data diri seperti nama, alamat email, nomor telepon, alamat rumah, dan sebagainya.
Pengkinian data nasabah adalah proses pembaruan informasi pribadi dan keuangan nasabah yang tercatat di lembaga keuangan, seperti bank atau perusahaan asuransi. Proses ini penting untuk memastikan bahwa data yang dimiliki oleh lembaga keuangan selalu akurat dan terkini.
Baca juga: Daftar Biaya Transfer Antar Bank dan Keuntungan Transfer BI Fast
Kenapa Nasabah Wajib Melakukan Pengkinian Data?
Tujuan utama pengkinian data adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan dari pihak bank kepada setiap nasabah.
Nasabah akan mendapatkan pelayanan dan kemudahan, seperti proses verifikasi dan transaksi karena data-data sudah tersimpan dengan baik.
Manfaat penting pengkinian data lainnya adalah untuk menjaga keamanan akun perbankan dari penyalahgunaan oleh pihak lain.
Misalnya, ketika mengganti nomor ponsel, kamu harus melakukan pengkinian data agar nomor yang terhubung dengan aplikasi kamu adalah nomor baru yang aktif.
Berikut adalah beberapa aspek penting dari pengkinian data nasabah:
Pentingnya Pengkinian Data Nasabah
Lebih lanjut, inilah pentingnya melakukan pengkinian data nasabah.
1. Akurasi data
Menjamin bahwa informasi yang dimiliki lembaga keuangan tentang nasabah, seperti alamat, nomor telepon, dan status keuangan, adalah akurat. Ini penting untuk komunikasi yang efektif dan pengelolaan akun yang tepat.
2. Keamanan
Memperbarui data membantu mencegah penipuan dan pencurian identitas. Informasi yang up to date memungkinkan lembaga keuangan untuk memverifikasi identitas nasabah dan mencegah aktivitas yang mencurigakan.
3. Kepatuhan regulasi
Banyak negara memiliki regulasi yang mengharuskan lembaga keuangan untuk memelihara data nasabah yang akurat. Pengkinian data membantu lembaga keuangan mematuhi regulasi ini.
4. Peningkatan layanan
Data yang terbaru memungkinkan lembaga keuangan untuk menawarkan layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan nasabah, termasuk penawaran produk dan layanan yang relevan.
Baca juga: Begini Cara Bayar Virtual Account yang Hemat dan Cepat
Cara Melakukan Pengkinian Data Nasabah
1. Kunjungan ke kantor lembaga keuangan
Nasabah dapat mengunjungi cabang lembaga keuangan untuk memperbarui data mereka secara langsung dengan mengisi formulir atau memberikan dokumen yang diperlukan.
2. Pengkinian online
Banyak lembaga keuangan menyediakan portal online atau aplikasi mobile yang memungkinkan nasabah untuk memperbarui informasi mereka dengan mudah.
3. Siapkan dokumen pendukung
Pengkinian data seringkali memerlukan dokumen pendukung seperti identitas terbaru, bukti alamat, atau dokumen keuangan yang relevan untuk memastikan keakuratan data.
4. Pembaruan berkala
Nasabah disarankan untuk secara berkala memeriksa dan memperbarui data mereka untuk memastikan bahwa informasi yang tercatat tetap akurat.
Pengkinian data nasabah bukan hanya kewajiban administratif, tetapi juga bagian penting dari pengelolaan hubungan yang sehat antara lembaga keuangan dan nasabah.
Cara Mudah Pengkinian Data di Bank Neo Commerce
Layanan pengkinian data di aplikasi neobank sangat praktis, karena bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Kamu tinggal hubungi kanal resmi Bank Neo Commerce sebagai berikut:
Email: customercare@bankneo.co.id
Telepon Pusat Bantuan Bank Neo Commerce: 1500-190
Facebook: https://www.facebook.com/bankneocommerce
Instagram: https://www.instagram.com/bankneocommerce
Twitter: https://twitter.com/bankneocommerce
YouTube: https://www.youtube.com/@BankNeoCommerce
LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/pt-bank-neo-commerce-tbk
TikTok: https://www.tiktok.com/@bankneocommerce
Jika menemukan sesuatu yang janggal, ketika kamu melakukan pengkinian data di aplikasi neobank, jangan ragu untuk menghubungi kanal di atas. Tingkatkan kewaspadaan supaya kamu bisa terhindar dari hal-hal yang merugikan.
Dampak Jika Nasabah Tidak Melakukan Pengkinian Data
Jika nasabah tidak melakukan pengkinian data, maka pihak Bank tidak akan memiliki data terbaru nasabah.
Ujung-ujungnya, nasabah bisa kesulitan mengidentifikasi kesesuaian antara data profil dengan data transaksi yang ada.
Karena tujuan utama pengkinian data adalah keamanan finansial, maka jika nasabah melewatkan proses ini, ada kemungkinan data finansial nasabah akan lebih rentan untuk dicuri.
Misalnya, kamu ganti nomor ponsel, padahal nomor lamanya masih terkoneksi dengan mobile banking kamu pribadi
Jika kamu tidak segera melakukan pengkinian data, maka akun kamu akan rentan dari penyalahgunaan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.
Ketika nasabah sudah terlanjur menjadi korban pencurian data finansial, aduan nasabah kepada bank akan melewati proses verifikasi yang lebih lama karena data yang tercatat tidak sesuai dengan data terbaru.
Nah, setelah mengetahui pentingnya melakukan pengkinian data nasabah, segera lakukan ya!
Yuk, download aplikasi neobank di PlayStore dan App Store sekarang.
***
PT Bank Neo Commerce Tbk berizin & diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).