• Home
  • Berita
Bijak Meminjam, Ini Dia Strategi Pilih Pinjaman yang Aman!
Bijak Meminjam, Ini Dia Strategi Pilih Pinjaman yang Aman!





April 20, 2024 by Catra Ditya Ramawirawan

 

Pinjaman online, atau yang biasa disebut dengan pinjol, mendapatkan reputasi buruk di mata warganet. Bagaimana tidak? Tiap kali ada pemberitaan tentang pinjol, isinya seringkali negatif. Misalnya, berita soal seram atau kasarnya para penagih hutang, atau soal seseorang yang kehilangan aset atau bunuh diri akibat tidak bisa membayar tagihan pinjaman online. Padahal, sebenarnya pinjaman online dibuat untuk membantu orang.

Memang ada beberapa perusahaan pinjaman online yang menjalankan praktik-praktik yang curang. Namun, banyak pula perusahaan pinjol yang beroperasi sesuai dengan etika dan peraturan yang berlaku. Melalui artikel kali ini, penulis akan membantu kamu untuk memilah sebelum memilih pinjaman online resmi yang aman.

Definisi Pinjaman Online

Sebelum masuk ke bahasan utama, mari kita uraikan dulu definisi pinjol atau pinjaman online. Menurut Katadata, pinjol merupakan fasilitas pinjam-meminjam uang yang disediakan perusahaan yang bergerak di industri keuangan yang beroperasi secara online. Sementara, melalui Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendeskripsikannya sebagai “layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi.”

Baca juga: Apa itu Dana Darurat? Begini Penjelasan, Keuntungan, dan Perhitungannya

 

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online

Berkat kemudahan yang ditawarkan, pinjaman bunga rendah, dan tentu saja maraknya pemasaran yang dilakukan, pinjaman online telah menjadi solusi keuangan yang populer. Pengen hp baru, pakai pinjol. Mau jajan bareng teman-teman, pakai paylater, butuh DP motor, download aplikasi pinjaman online baru. 

Namun, seperti layanan keuangan lainnya, pinjaman online juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Yuk kita bahas satu per satu!

 

Kelebihan Pinjaman Online

  • Akses yang Mudah dan Cepat

Kelebihan utama dari pinjaman online adalah kemudahannya. Selama memiliki akses internet, kamu dapat mengajukan pinjaman dari mana saja dan kapan saja,. Proses pengajuan yang cepat dan minim birokrasi membuat pinjaman online sangat menarik bagi mereka yang membutuhkan dana darurat.

  • Proses Verifikasi dan Pencairan Dana yang Cepat

Layanan pinjaman online biasanya menawarkan proses verifikasi yang cepat. Jika data yang kamu berikan lengkap dan valid, proses verifikasi hingga pencairan dana bisa dilakukan dalam hitungan jam, fitur yang sulit ditandingi oleh pinjaman konvensional.

  • Persyaratan yang Relatif Ringan

Berbeda dengan pinjaman bank yang memerlukan banyak dokumen dan jaminan, pinjaman online menawarkan kemudahan dalam hal persyaratan. Peminjam hanya perlu mengisi formulir aplikasi dan mengunggah beberapa dokumen identitas.

 

Kekurangan Pinjaman Online

  • Bunga dan Biaya yang Tinggi

Bunga dan biaya administrasi pinjaman online cenderung lebih tinggi dibandingkan pinjaman konvensional. Hal ini karena pinjaman online memiliki risiko yang lebih tinggi bagi pemberi pinjaman. Jika kamu tidak memperhitungkan dan merencanakan keuangan dengan baik, bunga tinggi ini bisa menjadi bumerang bagi situasi finansialmu.

  • Potensi Keamanan Data

Mengajukan pinjaman online berarti kamu harus memberikan data pribadi kepada pihak pemberi pinjaman. Terdapat risiko keamanan data yang bisa disalahgunakan jika perusahaan pinjaman online tersebut tidak memiliki sistem keamanan yang baik.

  • Masalah Regulasi

Beberapa penyedia pinjaman online mungkin belum terdaftar atau diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini membuat peminjam berisiko terhadap praktik pinjaman yang tidak adil atau bahkan penipuan.

Baca juga: Cara Memperbaiki Skor Kredit Jadi Baik dan Cantik

 

Tips Memilih Pinjaman Online Resmi

  • Cek Legalitas Pinjaman Online

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan lembaga atau perusahaan fintech yang menawarkan pinjaman online tersebut memiliki izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Lembaga yang terdaftar dan diawasi oleh OJK biasanya lebih terpercaya. Kamu bisa memeriksa legalitasnya di situs resmi OJK.

  • Lihat Reputasi dan Ulasannya

Selain memastikan legalitasnya, penting juga untuk melihat reputasi perusahaan pinjaman online tersebut. Baca ulasan dan testimoni dari pengguna sebelumnya. Ulasan ini bisa memberikan gambaran nyata mengenai kualitas produk dan layanan yang diberikan oleh perusahaan pinjol tersebut. Plus, kamu juga bisa melihat pengalaman pengguna dan menjadikannya sebagai salah satu bahan pertimbangan. 

  • Baca Ketentuan dengan Teliti

Sebelum menyetujui pinjaman, baca dan pahami semua ketentuan yang diberikan, termasuk bunga, biaya administrasi, denda keterlambatan, dan ketentuan lainnya. Jangan lihat jargon “pinjaman bunga rendah” lalu kamu ujug-ujug mengajukan pinjaman. Pastikan kamu mampu memenuhi ketentuan tersebut sebelum mengambil keputusan.

  • Hindari Pinjaman dengan Bunga Tinggi

Salah satu ciri pinjol ilegal adalah menawarkan pinjaman dengan bunga yang sangat tinggi. Bunga pinjaman yang wajar biasanya tidak jauh berbeda dengan bunga pinjaman bank konvensional. Hindari pinjaman dengan bunga yang tidak masuk akal karena bisa menjerumuskan kamu ke masalah keuangan yang lebih besar.

  • Pilih Pinjaman Online yang Punya Layanan Konsumen yang Andal

Sangat penting untuk memilih aplikasi pinjaman online yang menawarkan layanan konsumen yang responsif dan mudah diakses. Ini menunjukkan tingkat profesionalisme dan komitmen perusahaan terhadap kepuasan pelanggan. Layanan konsumen yang baik dapat memberikan bantuan cepat dan efektif untuk segala pertanyaan atau masalah yang mungkin kamu alami selama proses pinjaman.

  • Gunakan Pinjol untuk Kebutuhan, Bukan Gaya Hidup

Tips terakhir dari penulis: gunakan pinjaman online untuk memenuhi kebutuhan mendesak, seperti biaya kesehatan atau pendidikan, bukan untuk memenuhi gaya hidup. Soalnya, yang terakhir disebut itu tidak ada ujungnya. Meminjam uang untuk keperluan konsumtif dapat menimbulkan masalah keuangan di kemudian hari.

Memilih pinjaman online yang aman dan resmi bukanlah perkara mudah. Namun, dengan tips yang telah dibagikan, penulis harap kamu bisa membuat keputusan yang lebih bijak. Ingatlah selalu untuk menggunakan pinjaman online secara bertanggung jawab dan untuk kebutuhan yang benar-benar penting. Kepraktisan dan kemudahan akses yang ditawarkan pinjaman online memang menggiurkan, tetapi jangan sampai kemudahan tersebut menjadi jerat yang mengancam kestabilan finansial di masa depan.

Kalau butuh pinjaman yang terbukti aman, legal, dan sesuai kebutuhan, kamu bisa coba fasilitas pinjaman dari Bank Neo Commerce, yaitu Neo Pinjam. Fitur ini menawarkan pinjaman dengan proses yang cepat, syarat yang tidak menyusahkan, dan dukungan layanan konsumen yang andal.

Coba Neo Pinjam sekarang yuk! Download aplikasi neobank di PlayStore dan App Store dan coba berbagai produk pinjaman Bank Neo Commerce.

 


PT Bank Neo Commerce Tbk berizin & diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

 

 

 

 

Tunggu apa lagi?

Yuk, cobain pakai neobank sekarang!