• Home
  • Berita
10 Manfaat Menabung di Bank Sejak Dini Agar Bisa Penuhi Kebutuhan
10 Manfaat Menabung di Bank Sejak Dini Agar Bisa Penuhi Kebutuhan





April 17, 2024 by Wahyu Septiyani

Menabung di bank memiliki banyak manfaat, mulai dari keamanan yang lebih baik hingga promosi yang menggiurkan.

Sejak kecil, kita sudah didorong untuk menabung. Hal tersebut membentuk kebiasaan yang berpotensi mengumpulkan dana dalam jumlah besar seiring berjalannya waktu. Tabungan kita bisa menjadi sarana untuk mewujudkan cita-cita dan keinginan kita.

Sebagai orang dewasa, menabung sudah seharusnya menjadi bagian dari rutinitas kita, namun sebagian orang masih kesulitan mengalokasikan dana untuk menabung, seringkali karena pendapatan bulanan mereka tidak mencukupi. 

Meski demikian, menabung bisa dilakukan di mana saja, baik di bank, celengan, atau brankas. Namun, bank sering dipilih sebagai pilihan tabungan yang paling aman dan menguntungkan, karena menawarkan banyak manfaat bagi nasabah terdaftar.

Manfaat Menabung di Bank yang Bisa Kamu Nikmati 

Sebelum mendalami manfaat menabung di bank, mari kita telusuri beberapa manfaat menabung yang diperoleh dari berbagai sumber:

  1. Keamanan Lebih Terjaga

Bank menggunakan sistem canggih untuk menjaga dana simpanan nasabah. Lembaga ini akan memastikan perlindungan terhadap pencurian. Bank yang aman telah berizin dan  diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, pilih bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

dana dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan, sehingga memberikan jaminan lebih lanjut terhadap uang yang kamu tabung sesuai dengan aturan LPS yang berlaku. 

  1. Mendapatkan Keuntungan dari Bunga Bank

Salah satu manfaat menabung di bank yang paling disukai adalah adanya bunga. Keuntungan yang kamu dapat bukan hanya dari akumulasi uang yang telah dikumpulkan. Kamu akan memperoleh tambahan dari bunga. 

Meskipun mungkin pada awalnya tidak terlalu besar, tabungan yang konsisten dari waktu ke waktu dapat menghasilkan peningkatan bunga lebih besar. Namun, kamu perlu perhatikan bahwa tingkat suku bunga yang bervariasi antar bank. 

Kamu bisa mendapatkan untung yang lebih besar dari bunga dengan memilih produk atau bank yang menawarkan bunga maksimal seperti Tabungan NOW dari Bank Neo Commerce. 

Baca juga: Apa itu Dana Darurat? Begini Penjelasan, Keuntungan, dan Perhitungannya

  1. Kenyamanan dan Efisiensi

Di era teknologi seperti sekarang, bank tak hanya menyediakan layanan konvensional. Bank juga memanfaatkan fitur online atau digital. Layanan perbankan digital memfasilitasi transaksi tanpa batas melalui perangkat seluler atau komputer. 

Hal tersebut memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi. Aktivitas seperti transfer, penarikan, dan pembayaran dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Kamu tak perlu menyimpan uang di rumah yang rentan terhadap serangan rayap dan pencurian. Uang kamu dijaga oleh bank dengan aman. Yuk, buka Tabungan NOW untuk keamanan dan kenyamanan menyimpan uang. 

  1. Catatan Keuangan Lebih Rapi

Bank punya sistem yang mencatat arus masuk dan keluar. Jika menggunakan bank dengan layanan digital, kamu bisa mengecek laporan keuangan secara real-time. Uang kamu pun bisa terlacak dengan baik. Kamu tahu kemana saja uang tersebut dihabiskan. 

Dari catatan keuangan yang rapi, kamu pun dapat melakukan evaluasi transaksi keuangan secara transparan dan mudah. 

  1. Ada Promo Menarik 

Bank sering berkolaborasi dengan mitra untuk menawarkan promosi menarik, termasuk voucher belanja, diskon, poin reward, atau insentif cashback. 

Bank Neo Commerce juga memiliki berbagai promo menarik. Misalnya, kamu transaksi menggunakan QRIS aplikasi neobank di merchant tertentu yang sedang bekerja sama. Kamu akan mendapatkan diskon untuk setiap pembelian produk atau jasa dengan membayar menggunakan QRIS neobank. 

Saat ini, nikmati promo diskon QRIS sebesar 5% di Cincau Station, Rp10.000 di Nanovest, Rp10.000 di Tomoro Coffee, dan Rp10.000 di Tokocrypto, Cek detail promonya di sini

Lumayan, kan? Kamu bisa memanfaatkan promo dari bank untuk dapat keuntungan lebih. Yuk, nabung di bank!

  1. Lebih Ekonomis 

Menabung menumbuhkan kebiasaan berhemat. Kamu didorong untuk berbelanja yang bijaksana. Kamu tidak akan mudah tergoda untuk menghabiskan uang, jika sudah terbiasa menabung. 

Daripada uangnya digunakan untuk sesuatu yang tidak perlu, kamu memilih untuk menyimpan uang di tabungan. Dengan menahan diri dari pengeluaran yang tidak perlu, tabungan akan tetap utuh, sehingga meningkatkan ketahanan ekonomi.

Baca juga: Cara Menabung yang Efektif, Konsisten, dan Bikin Untung

  1. Merealisasi Tujuan Lebih Cepat

Tabungan membuka jalan untuk mencapai aspirasi dan mewujudkan mimpi-mimpi besar seperti kepemilikan rumah, pernikahan, atau perjalanan wisata ke luar negeri, wisata religi, dan lain sebagainya. 

Untuk mewujudkan mimpi yang besar, dibutuhkan dana yang tak sedikit. Kamu perlu mengumpulkan uang dalam kurun waktu dan jumlah tertentu. Mimpi-mimpi tersebut tidak dapat dicapai hanya melalui tabungan celengan dalam waktu cepat. 

  1. Meminimalisir Utang

Dengan adanya tabungan di bank, kamu punya dana cukup segala kebutuhan. Termasuk untuk kebutuhan mendadak dan darurat. Kamu tidak perlu meminjam uang ketika membutuhkannya. Ada uang tabungan di bank yang menyelamatkan. Kamu pun terlepas dari ketergantungan pada pinjaman dan mendorong kehidupan bebas utang.

  1. Meningkatkan Disiplin

Menabung memerlukan komitmen dan kedisiplinan, menanamkan kebiasaan keuangan yang bertanggung jawab dan memastikan kontribusi yang konsisten terhadap tujuan masa depan. 

Ketika kamu sudah terbiasa melakukannya, menabung bukan lagi beban atau tanggung jawab. Menabung sudah menjadi bagian dari hidup. Begitu juga dengan berhemat, berpikir panjang sebelum menghabiskan uang, dan bagaimana cara memperlakukan uang. 

  1. Masa Depan yang Terjamin

Berakit-rakit ke hulu berenang kemudian. Apa yang kamu tanam hari ini akan menghasilkan di kemudian hari. Tabungan di bank hari ini akan berguna untuk masa depan. Kamu punya bekal menjalani kehidupan, meskipun kamu sudah tidak produktif dan berpenghasilan. 

Menabung di bank memberikan keamanan, efisiensi, dan bermanfaat bagi pertumbuhan dan stabilitas keuangan. Pengelolaan uang yang bijaksana akan membantu kamu meraih tujuan finansial yang lebih cepat dan terarah. 

Yuk, download aplikasi neobank di PlayStore dan App Store dan buka Tabungan NOW sekarang. 


Info lengkap serta syarat & ketentuan mengenai tabungan di neobank, kunjungi bit.ly/neotabungandeposito

PT Bank Neo Commerce Tbk berizin & diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

 

 

 

 

Tunggu apa lagi?

Yuk, cobain pakai neobank sekarang!