• Home
  • News
Cara Menabung yang Benar untuk Mewujudkan Impian dengan Neo Wish
Cara Menabung yang Benar untuk Mewujudkan Impian dengan Neo Wish





May 19, 2024 by Wahyu Septiyani

 

Sejak awal, kita telah diajarkan mantra menabung yang lugas: "Bekerja keraslah, menabung dengan cerdas, dan kekayaan akan mengikuti,"  Namun, terlepas dari pembelajaran awal mengenai keberhasilan, seiring dengan bertambahnya usia, kenyataan tentang menabung tidak selalu semudah yang kita bayangkan.

Sebagai orang dewasa, jadwal kita padat dan waktu senggang sangat terbatas. Kita menikmati jalan-jalan ke kafe dan restoran trendi, terpikat oleh tawaran diskon yang menggiurkan. Tanpa kita sadari, anggaran bulanan kita menyusut. Lalu, tak ada uang tersisa untuk ditabung. Rugi, dong! 


Cara Menabung yang Benar

Tentu saja, tidak semua orang bisa menabung dengan mudah. Berbagai faktor berkontribusi terhadap tantangan ini. Apakah kamu mengidentifikasi diri dengan perjuangan untuk menabung? Jangan takut. Jelajahi 10 cara menabung yang benar berikut. Siap untuk mempelajari lebih lanjut?

 

  • Tentukan tujuan 
    Tentu saja tujuan utama menabung harus berorientasi pada tujuan keuangan jangka panjang. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh menabung untuk kebutuhan yang lebih kecil dan mendesak. Mungkin kamu menabung untuk tujuan sederhana, seperti liburan akhir pekan atau membeli buku incaran, daripada investasi besar seperti mobil, rumah, atau dana pensiun. 

    Terlepas dari tujuan yang kamu tetapkan, memiliki tujuan tertentu dapat memicu semangat untuk menabung lebih banyak. Kamu juga bisa memiliki punya lebih dari satu tabungan sesuai dengan tujuan atau impianmu. 

 

Baca juga: 10 Manfaat Menabung di Bank Sejak Dini Agar Bisa Penuhi Kebutuhan

 

  • Catat pemasukan dan pengeluaran
    Kamu perlu melakukan pencatatan semua pendapatan dan pengeluaran. Meskipun kelihatannya mudah, menjaga konsistensi dalam praktik ini terkadang terbukti menantang, sehingga menyebabkan kesalahan dalam pencatatan.

    Meskipun demikian, pencatatan pendapatan dan pengeluaran yang cermat merupakan langkah awal yang penting dalam memulai penghematan yang efektif. Melalui pencatatan ini, kamu akan mendapatkan wawasan tentang kebutuhan keuangan harian, membedakan antara pengeluaran penting dan pengeluaran tambahan. Akibatnya, proses ini memungkinkan kamu memastikan porsi pendapatan yang tersedia untuk ditabung.

 

  • Buat anggaran 
    Hemat bukan berarti pelit, bukan? jamu tetap dapat menikmati suguhan seperti es kopi dan acara sosial, asalkan sesuai dengan anggaran dan rencana keuangan yang telah ditetapkan.

    Ada beberapa strategi sederhana untuk penganggaran. Misalnya, aturan 80-20 mengharuskan 20% pendapatan dialokasikan untuk tabungan dan investasi, sedangkan 80% sisanya untuk pengeluaran sehari-hari.

    Alternatifnya, kamu dapat menerapkan pendekatan 50-30-20, dengan menyisihkan 50% pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk tabungan dan investasi, dan 20% untuk belanja diskresi seperti bersosialisasi dan belanja online. Jangan ragu untuk menyesuaikan alokasi ini agar sesuai dengan pendapatan dan gaya hidup; tidak ada solusi universal.

 

Baca juga: Begini Cara Menabung yang Efektif, Konsisten, dan Bikin Untung

 

  • Pisahkan rekening operasional dan tabungan 
    Selama ini, kamu masih kesulitan menabung dan terkesan boros, mungkin karena hanya menggunakan satu rekening untuk semua kebutuhan finansial, mulai dari menerima gaji hingga menutupi pengeluaran sehari-hari.

    Disarankan untuk membaginya menjadi beberapa akun. Misalnya, alokasikan rekening pertama untuk menerima gaji dan mengelola pengeluaran sehari-hari, sedangkan rekening kedua berfungsi sebagai rekening tabungan khusus.

 

  • Aktifkan fitur autodebet 
    Dengan tersedianya fitur auto debit, tidak ada lagi alasan untuk tidak menabung. Kamu dapat menetapkan minimal 10% dari gaji kamu dan secara otomatis ditransfer ke rekening tabungan yang ditunjuk melalui auto debit.

    Upayakan untuk menjaga konsistensi baik jumlah transfer maupun tanggal transfer untuk rekening ini. Dengan cara ini, kamu bisa menumbuhkan kebiasaan menabung yang disiplin.

 

  • Pilih instrumen tabungan yang menguntungkan 
    Pastikan bank atau produk tabungan yang kamu pilih menawarkan keuntungan maksimal. Setiap bank biasanya menghadirkan penawaran menarik mengenai produk, fitur, dan layanannya. Pilih bank yang menawarkan produk tabungan dengan suku bunga kompetitif, kemudahan akses, dan fitur menarik.

    Salah satu produk yang bisa kamu pilih adalah Tabungan Neo Wish di aplikasi neobank.  Tabungan Neo Wish adalah produk tabungan yang mewujudkan impianmu. Produk ini cocok buat kamu yang mau fokus menabung. Distraksi dan banyaknya keinginan, sering membuat kita kesulitan untuk menabung.

    Tabungan Neo Wish akan membantu menjaga impianmu. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari bunga yang dibayar harian!  

 

Keuntungan Tabungan Neo Wish 

  1. Konsepnya seperti tabungan berjangka
  2. Setoran dan tenor bisa diatur sendiri
  3. Bunga 5,5% per tahun
  4. Bunga cair harian
  5. Bisa ditarik sewaktu-waktu


Cara menabung yang benar di Neo Wish 

  1. Buka aplikasi neobank
  2. Pilih “Neo Wish” di menu “Wealth” 
  3. Pilih “Mulai Buat Impianmu”, pilih kategori impian, atau buat sendiri sesuai keinginanmu.
  4. Tentukan Target tabungan, Tenor, Jadwal autodebet, Jumlah yang akan didebit, dan Sumber Dana, lalu pilih “Buat Impianmu”
  5. Pilih “Konfirmasi” lalu fokus wujudkan keinginanmu!

Untuk mencapai tujuan memang tidak mudah, tapi kamu bisa memulai terlebih dahulu. Ingat, mimpi akan jadi nyata ketika bangun. Jadi, kita harus bergerak dan mulai mengumpulkan uang dengan benar, apapun tujuan dan impianmu bersama  Tabungan Neo Wish! 

Download aplikasi neobank di PlayStore dan App Store dan buka  Tabungan Neo Wish mulai wujudkan impian sekarang! 

***

PT Bank Neo Commerce Tbk berizin & diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

 

 

 

 

What are you waiting for?

Let's try neobank now!